Pemasaran , Manajemen dan Organisasi

Tugas Mata Kuliah

1. Jelaskan pengertian Manajemen !
Jawab :
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan : Perencanaan, Pengoganisasian, Pengarahan dan Pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya lainnya.

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi-fungsi Manajemen !
Jawab :
Ada 4 fungsi Manajemen yaitu :
1. Perencanaan
Fungsi yang utama dan terpenting, dipakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat.
Perlunya Perencanaan :
^ Untuk mengidentifikasi peluang masa depan
^ Antisipasi atau menghindari masalah masa depan
^ Untuk mengembangkan langkah-langkah strategi
2. Pengorganisasian
Fungsi Manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengeompikkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoodinasikan aktivitas.
Tujuan :
^Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban dan tanggung Jawab
^ Agar terbina hubungan yang baik antar anggota organisasi dan antar organisasi
3. Pengarahan
Pengarahan adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
Bentuk kegiatan :
^ Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi
^ Membagikan Pengarahan dan Petunjuk
^ Memberikan kepemimpinan
^ Memberikan motivasi untuk mendorong para karyawan
4. Pengendalian
Pengendalian adalah aktivitas untuk menemukan, mengoreksi, apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, di bandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah pengendalian :
1. Menetapkan standar dan metode
2. Mengukur prestasi kerja
3 Menentukan apakah kerja sesuai standar
4. Mengambil tindakan koreksi

3. Sebutkan ketrampilan-ketrampilan manajerial yang ada !
Jawab:
Ketrampilan-ketrampilannya yaitu :
a. Ketrampilan Konseptual
Kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi
b. Ketrampilan Kemanusiaan
Ketrampilan untuk bekerja dengan orang lain : memahami dan memotivasi mereka
c. Ketrampilan Administrasi
Ketrampilan untuk menata administrasi organisasi
d. Ketrampilan teknik
Ketrampilan teknik untuk menggunakan peralatan-perlatan mesin, teknik dan metode bidang tetentu seperti komputer, akuntansi, produksi dan lain-lain.

4. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk organisasi !
Jawab :
a. Organisasi Garis
^ Bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan terbawah.
^ Setiap atasan memilki sejumlah bawahan bertanggung jawab kepada atasannya. Setiap bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu atasan.
^ Bentuk ini paling banyak dipakai dan sesuai untuk perusahaan kecil, karena sederhana dan jelas.
Kebaikan :
^ Kesatuan dalam perintah atau pemimpin
^ Pengambilan keputusan cepat
^ Solidaritas karyawan tinggi
^ Sederhana, Biaya rendah
Keburukan :
^ Sangat tergantung pada satu orang pimpinan
^ Pimpinan cenderung otokratis
^ Karyawan sulit berkembang
b. Organisasi Garis dan Staff
Bentuk organisasi yang banyak dipkai oleh perusahaan besar daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis, Hanya ditambah STAF, yaitu : satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan, Bila mengalami kesulitan dalam menangani maslah yang terjadi. Staf tidak memilki Hak memerintah Bawahan.
Kebaikan :
^ Sesuai untuk perusahaan Besar
^ Keputusan lebih Rasional dengan adanya staf
^ Dapat mewujudkan "The Right In The Right Place"
Keburukan :
^ Organisasi rumit dan kompleks
^ Koordinasi sulit diterapkan
^ Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang dan tidak saling kenal
c. Organisasi Fungsional
^ Bentuk organisasi yang berbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi, seperti : Pemasaran, Produksi, Personalia dan Keuangan, Wewenang dan Tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing-masing. Setiap anggota fungsi hanya mengerjaka fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.
^ Para manager fungsi Bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun bisa memerintah kebagian lain sepanjang masih memilki kewenangan
Kebaikan :
^ Pembagian yugas jelas
^ Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan di maximalkan
^ Masing-masing fungsi di pegang oleh para ahli
Keburukan :
^ Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan
^ Tidak ada kesatuan perintah
^ Makin merasa ahli, akan sulit bekerja sama
d. Organisasi Matrix
^ Bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan dua pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar dan batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai bentuk matrix
^ Alasan lain untuk menghindari berbenturan antara pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang harus selesai keduanya dengan baik.
^ Dalam bentuk matrix, terjadi hubungan antar berbagai fungsi
^ Misal : Perusahaan sepatu yang aktivitas dasar memproduksi sepatu, mnerima esanan yang harus selesai dalm waktu tertentu, dan dengan jumlah tertentu. Agar ke dua pekerjaan bisa selesai, maka Bentuk Matrix yang cocok
Kebaikan :
^ Adanya aktivitas lain yang dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas dasar
^ Mendorong inovasi dan kreativitas karyawan
^ Mendorong muculnya cara-cara baru, bentuk-bentuk penyelesaian baru dan semangat kerja positif.
Kelemahan:
^ Munculnya konflik antar fungsi dan karyawan
^ Hanya organisasi tertentu yag dapat memakai bentuk ini
^ Dapat mengganggu aktivitas dasar
^ Biaya mahal
^ Terdapat lebih dari satu atasan
e. Organisasi Komite
^ Komite adalah kelompok formal yang mengganitikan para manager didalam struktur organisasi
^ Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab, anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen
^ Semua keputusan organisasi dipelajari dan di evaluasi oleh anggota komite
^ Bentk ini sesuai untuk rganisasi yang sangat perlu sikap hati-hati dan dari berbagai sudut pandang, misal : Organisasi Rekayasa Genetika (BATAN), dan Organisasi antariksa
Kebaikan :
^ Keputusan yang diambil lebih baik karena melalui rapat yang mendalam
^ Keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama-objektif
^ Hati-hati dan seksama
^ Terdiri dari para ahli
Kelemahan :
^ Keputusan yang diambil lama
^ Kadang pendapat terakhir berasal dari anggota komite yang dominan
^ Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi

5. Sebutkan dan Jelaskan konsep-konsep inti pemasaran menurut Philip Kotler !
Jawab :
^ Kebutuhan
Konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus di penuhi, kalau tidak akan menderita (mati) seperti : Makan, Minum, Pakaian
^ Keinginan
Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang, misal : orang Indonesia makan nasi

6. Sebutkan dan Jelaskan Manajemen Pemasaran !
Jawab :
Manajemen Pemasaran adalah Proses yang melibatkan perencanaan, implementasi dan pengendalian program-program pemasaran yaitu : menciptakan, membangun, mempertahan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

7. Jelaskan pengertian pemasaran !
Jawab :
Pemasaran adalah Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk proses pertukaran

8. Sebutkan dan Jelaskan tujuan sistem Pemasaran !
Jawab :
Tujuan Sistem Pemasaran :
^ Memaksimalkan Konsumsi
Konsumsi > Produksi > Kesempatam Kerja > Kemakmuran
^ Memaksimalkan Kepuasan Konsumen
^ Memaksimalkan Pilihan
Tersedianya aneka atau ragam, produk, jumlah, variasi, harga, mutu sehingga banyak pilihan
^ Memaksimalkan kualitas Hidup
Banyak barang atau jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia