Jumat, 14 Oktober 2011

EKONOMI KOPERASI

Macam Modal Koperasi

Koperasi Syariah: Kecil Karena Paradigmanya Kebanyakan kita kalau disebutkan tentang “koperasi” pasti akan terasosiasi dengan bisnis skala mikro dan kecil. Karena itu banyak yang mengubah kepanjangan UKM dari “Usaha Kecil dan Menengah” menjadi Usaha Kecil dan Mikro. Paradigma orang tentang koperasi masih berkutat sekitar urusan bisnis yang kecil, ditangani lembaga yang kecil, dan seringkali bikin repot pemerintah karena selalu minta subsidi dan bantuan lainnya.

Bagaimana jika usaha yang dianggap kecil-kecil itu berkembang menjadi 2 trilyun seperti yang dimiliki oleh sebuah koperasi di Pekalongan? Apakah yang namanya usaha kecil itu tidak boleh menjadi besar dan harus tetap kecil? Saya jadi teringat kunjungan saya ke Basel, markas pengaturan perbankan tingkat dunia. Di sela rapat dengan IFSB (Islamic Financial Service Board) dan Bank of International Settlement (BIS), saya keliling kota tua itu. Ternyata disamping bank yang menguasai sektor keuangan, ada lembaga lain yang menguasai sisi lainnya, yaitu koperasi. (more…)
Pencarian yang terkait :
koperasi dan tujuan ekonomi, syarat pendirian bank, contoh elemen, sumber daya komputer, masalah yang bertentangan dengan pancasila, hubungan manusia dengan keadilan, macam-macam koperasi, koperasi syariah simpan pinjam, HAK-HAK dpr, cara pengalokasian sumber daya
Maulid Nabi, Maulid Ekonomi Islam
Filed under Ekonomi Islam by Choir on 15 February 2011 at 00:22 no comments

perbankan syariah 3 Maulid Nabi, Maulid Ekonomi IslamMAULID Nabi, begitulah fenomena adat-kebiasaan kaum muslimin memperingati hari lahir Muhammad Saw. yang jatuh pad 12 Rabiul Awal. Beliau (Nabi Muhammad Saw.) ialah manusia Agung sepanjang masa yang patut diteladani umat Islam. Betapa tidak, beliau merupakan figure ideal yang berkualitas ketika memimpin umat. Adil, empatik, cerdas, bijaksana, dan jujur memimpin sehingga kebijakan-kebijakannya kerap membebaskan rakyat dari penderitaan. Secara etimologis maulid atau milad adalah hari kelahiran. Maka, ketika dipahami secara subtansial, maulid nabi berarti ekspresi melahirkan kembali penghormatan kepada Nabi Muhammad Saw dengan mengamalkan ajarannya.
(more…)
Pencarian yang terkait :
contoh usaha spekulasi, macam-macam akad, usaha spekulasi, manfaat etika bisnis bagi perusahaan, macam macam akad, artikel keadilan sosial, macam-macam kebijakan fiskal, artikel kebijakan fiskal dan moneter, pengertian landasan sosial, macam kebijakan fiskal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar